Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Untuk kalian..


Terima kasih telah bersedia berposes bersama selama satu semester ini. Belajar bersama, berbaur bersama, dan mengenang bersama. Percayalah apa yang kita dilakukan selama ini merupakan rangkaian proses hidup—yang telah kita pilih untuk saling bertemu. Pilihan untuk menjadikan tempat (kampus) ini sebagai bagian proses hidup barangkali bukanlah sebuah peristiwa kebetulan, namun memiliki pertimbangan tertentu.


Ingatlah saat pertama kali kita saling bertemu. Saling bertatap penuh gumam, terdekap dalam kebingungan, tersiksa dalam labirin ketidaktahuan, dan berbagai kekagetan dengan lingkungan baru. Tetapi, kalian tidak pernah menyerah. Kalian terus belajar dan melakukan berbagai adaptasi dengan kekuatan yang dimiliki, sekalipun sebagian harus tumbang dan dilarikan ke rumah sakit.


Berkat jiwa dan keinginan yang kuat. Secara perlahan imunitas kalian terbentuk. Kalian secara atraktif mampu melakukan berbagai hal yang sebenarnya di awal terasa sangsi untuk bisa dilakukan. Mempelajari ragam budaya, mengunjungi banyak tempat puluhan kilometer, berbagi dan mengasah kepedulian secara penuh cinta, dan berbagai hal lainnya.


Kini, setelah semua harus berakhir. Di saat semua kewajiban kita telah selesai dan kalian harus kembali ke tanah dan kampus berasal. Sebagaimana pertemuan selalu ada perpisahan. Apalagi, konon perpisahan berburuk adalah perpisahan yang tanpa ucapan perpisahan dan lambayan tangan. Tetapi, kami tidak ingin menjadikan ini sebagai perpisahan terburuk. Kami ingin menjadikan ini sebagai pertemuan dan perpisahan termanis. Ibarat bagian lirik lagu Lovarian. “… Jadikan ini, perpisahan yang termanis. Yang indah dalam hidupmu. Sepanjang Waktu. Semua berakhir tanpa dendam dalam hati. Maafkan semua salahku yang mungkin menyakitimu…”


Barangkali, mantra bertukar sementara, bermakna selamanya telah benar-benar merasup ke dalam diri kita masing. Semoga selama satu semester ini penuh makna, kebaikan, dan menjadi jalan kesuksesan di masa depan.


Kita bertemu kembali dalam kondisi, waktu, dan ruang yang berbeda.


Kebaikan untuk kita semua.. ❤️










0 komentar: