Buku ajar sebagai bahan pembelajaran yang disusun dan ditulis secara
sistematis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran guna membantu para
pendidik (guru/dosen) dalam menyampaiakan materi, sehingga adanya buku ajar
diharapkan untuk meminimalisir adanya kesalahan persepsi dalam proses belajar. Oleh
sebab itu, buku ajar yang digunakan oleh para pendidik secara runtut materi tersampaikan
kepada siswa/mahasiswa sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan.
Prinsip penyusunan buku ajar yang disusun berdasarkan disiplin ilmu,
kebermaknaan, diferensiasi, keontentikan, dan terstandar bertujuan untuk
memberikan kemudahan untuk mempelajari sesuatu yang telah ditentukan berdasarkan
kompetensi tertentu, sehingga para peserta didik mampu mempelajari secara
mandiri tanpa terbatas ruang dan waktu bila buku ajar tersebut dikolaborasikan
dengan media teknologi informasi (aplikasi).
Guna memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman terhadap calon
pendidik dalam menyusun buku ajar, maka diperlukan keterampilan tertentu dalam
bentuk teknik penyusunan buku ajar mulai dari konsep dasar buku ajar, anatomi kurikulum,
karakteristik dan cakupan buku ajar, sistematika buku ajar, manajemen referensi,
plagiarisme, paraphrase, hingga sistem perbukuan di Indonesia. Matakuliah Teknik
Penyusunan Buku Ajar PAI yang telah didesain oleh Prodi Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Purwokerto bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman,
dan pengalaman mengenai buku ajar secara komprehensif.
Materi perkuliahan : (unduh)
Referensi tambahan :
1. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan : (unduh)
2. Menulis itu mudah : (unduh)
3. Panduan penulisan buku cerita anak : (unduh)
4. Pembelajaran menulis cerpen : (unduh)
5. Pintar menulis karangan ilmiah : (klik)
6. Penulisan Kreatif : (unduh)
7. Dasar-dasar penulisan karya ilmiah : (unduh)
8. Modul hakikat buku ajar : (unduh)
9. Modul hakikat menulis : (unduh)
0 comments:
Posting Komentar