Kewirausahaan

Tidak sedikit diantara kita yang masih beranggapan bahwa berwirausaha (entrepreneur) itu merupakan bakat turun yang diwariskan oleh orang tua. Sebuah gium yang kemudian menjadi penyangga bahwa berwirausaha harus disiapkan. Apa iya?

Bentuk anggapan tersebut bisa dibilang sebuah mitos yang sulit dibuktikan kebenarannya. Sekalipun memang mitos ini seakan nampak terlihat pada impirium bisnis yang sudah berdiri dan kuat. Itulah sebabnya ia harus mencari seorang penerus (pewaris) yang tidak jarang harus dipersiapkan dari awal. Tentu, saja hal ini bukan menjadi alasan. Sebab yang menjadi titik awal sebuah bisnis adalah pada saat mendirikannya bukan pada saat bisnis itu sudah berjalan secara bertahun-tahun. Kuatnya mitos ini pun berdampak terhadap sebagian kalangan yang kemudian memilih jalan sebagai seorang karyawan—akibat beranggapan: saya tidak berbakat dalam berbisnis atau berwirausaha. Sehingga diperlukan perubahan paradigma dan kesadaran dalam berbisnis atau berwirausaha.

Menyadari pentingnya beriwirausaha ini. Maka, kewirausahaan (entrepreneurship) dapat dipelajari melalui proses pendidikan, bahkan diberbagai Terguruan Tinggi telah memasukan entrepreneurship  menjadi mata kuliah tersendiri di Universitas Muhamamadiya Purwokerto. Perkuliahan kewirausahaan (entrepreneurship) ini membahas pola pikir (mindset) yang menghambat individu mengembangkan potensi diri (softskill), memandang obyek dari perspektif yang berbeda, peran wirausahawan sebagai bagian pengembangan keilmuan dan keterampilan, pembangunan karakter wirausahawan religius, teknik menyusun studi kelayakan usaha dan rencana bisnis, realisasi bisnis serta dampak tanggungjawab sosial bagi kemajuan usaha. Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan teori, praktek, serta studi kasus beserta pemecahan masalah. Tahap penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah diukur secara bertahap melalui evaluasi dalam setiap kali pertemuan kuliah serta realisasi bisnis yang telah dijalankan.

Materi Perkuliahan : (unduh)

Referensi tambahan :
1. Modul pekuliahan kewirausahaan Mendikbud (unduh)
2. Konsep kewirausahaan (unduh)
3. Konsep dasar kewirausahaan (unduh)
4. Diktat kewirausahaan (unduh)
5. Kewirausahaan: Teori dan Praktik (unduh)
6. Kewirausahaan Islami : (unduh)
7. Kewirausahaan Berbasis Syariah : (unduh)
8. Kewirausahaan Islam: Aplikasi dan Teori : (unduh)
9. Kewirausahaan dalam Islam Edisi Revisi : (unduh)
10. Islamic Entrepreneurship Bagi Pemula : (unduh)
11. Kewirausahaan Teori dan Praktik : (unduh)
12. Buku Ajar Kewirausahaan : (unduh)
13. Kewirausahaan: Dasar dan Konsep : (unduh)
14. Kewirausahaan Strategi Membangun Kerajaan Bisnis : (unduh)
15. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi : (unduh)
16. Konsep Dasar Kewirausahaan : (unduh)
17. Kewirausahaan Buku Ajar untuk Mahasiswa : (unduh)
18. Kewirausahaan untuk Program Strata 1 : (unduh)
19. Kewirausahaan di Era Revolusi 4.0 : (unduh)
20. Kewirausahaan Dasar Sebuah Tinjauan Teoritis dan Praktis : (unduh)
21. Kegagalan dan Kegagalan dalam Kewirausahaan : (unduh)
22. Manajemen Kewirausahaan Era Digital : (unduh)
23. Dasar-Dasar Kewirausahaan Teori dan Praktik : (unduh)



0 komentar: